ADS

Amazon Layani Pesan Antar Materi Makanan


Raksasa Ecommerce Dunia, Amazon beberapa waktu kemudian mengumumkan telah membuka layanan Pesan antar materi makanan adalah AmazonFresh di wilayah Brooklyn, wilayah ini menjadi area awal yang dilayani di New York.

Awalnya layanan ini akan tersedia bagi para anggota utama di Park Slope, tetapi perusahaan menyampaikan bahwa layanan tersebut akan dikembangkan ke beberapa area di Brooklyn, walaupun belum dipastikan kapan akan menjangkau wilayah lainnya di New York termasuk Manhattan. 

AmazonFresh ini memperlihatkan keluluasan bagi konsumennya untuk memesan lebih dari 500.000 barang untuk layanan pengiriman dalam hari yang sama ataupun pengiriman pada pagi hari, termasuk juga materi makanan segar dan produk lainnya dari toko – toko lokal yang terdiri dari banyak sekali gerai diantaranya The Lobster Place, Dickenson’s Farmstand Meats, Gotham Greens, dan Amy’s Bread.

Pesanan yang dilakukan pada pukul 10 pagi akan diantarkan sekitar pukul 7 malam, dan untuk pemesanan yang dilakukan sehabis jam 10 malam, maka paket pesanan tersebut akan diantarkan keesokan paginya
Sampai selesai tahun 2014 ini, keanggotaan AmazonFres tidak dikenakan biaya (FREE), tetapi pada tahun 2015 mereka diwajibkan untuk membayar biaya keanggotaaan sebesar $299 per tahun, jikalau ingin memperpanjang layanan ini.

Sebelumnya, Amazon telah terlebih dahulu melaksanakan percobaan selama setahun berkaitan kesiapan logistic dan problem harga untuk layanan AmazonFresh ini di wilayah lainnya termasuk di Seatle dan beberapa area di Selatan California. Dibukanya layanan ini di Brooklyn merupakan yang pertama di wilayah Timur Amerika. ( baca: Amazon, Toko Online Terbesar )

Ekspansi Amazon dilakukan dikala sejumlah perusahaan masih melaksanakan tes pasar terkait layanan antar sehari termasuk yang dilakukan pada layanan pengantaran dalam hari yang sama oleh Ebay, walaupun beberapa waktu yang kemudian dilaporkan bahwa layanan ini telah ditutup oleh pihak Ebay

Begitu juga dengan Google yang menyebut Amazon sebagai rivalnya dalam persaiangan search Engine, juga telah membuka layanan Google Express di beberapa kota di Amerika pada ahad ini, Dan sebuah pendatang baru, Instacart juga turut masuk ke sektor bisnis materi makanan ini dengan membangun jaringan nasional dan menggandeng retailers local ibarat Whole Foods and Costco

Sementara itu, Walmart menempuh pendekatan yang berbeda berkaitan dengan e-commerce, pihaknya sedang melaksanakan rangkaian percobaan untuk mengambil barang dari supplier - supplier rekananannya dari kawasan lain dan eksklusif mengantarkan barang – barang tersebut ke toko milik mereka eksklusif pada keesokan harinya. Walmart juga tengah membuka Pusat Stok barang mereka di Wilayah timur Amerka untuk meningkatkan kecepatan layanan pengantaran barang kepada lebih banyak konsumen


Bagaimana di Indonesia..?? 

Model bisnis online ibarat ini apakah dapat dikembangkan oleh E-Commerce? belum tentu! alasannya model bisnis materi makanan door to door telah dikenal semenjak usang bahkan di kota – kota besar ibarat Jakarta.



sudah menjadi pemandangan umum kita melihat penjualan eksklusif ke rumah – rumah oleh ‘Tukang Sayur’. Salah satu profesi yang sangat dinantikan dan menjadi favorit ibu – ibu rumah tangga di pagi hari. 

Dengan gerobak ataupun mengendarai sepeda motor, Bisnis ‘tukang sayur' ini telah usang membumi di Indonesia bahkan jauh lebih usang sebelum perusahaan Amazon berdiri di Amerika tahun 1998 lalu.

Bagaimana? ada E-Commerce yang berminat masuk ke sektor Groceries ini dan Bersaing eksklusif dengan Legiun ‘Tukang Sayur Keliling’..?? 


Subscribe to receive free email updates:

ADS