ADS

Susah Fokus? Ikuti Langkah Sederhana Ini!

Fokus dalam Bekerja

Sering tidak Fokus dan mengalami Kesulitan untuk fokus dalam menghadapi kiprah - kiprah di hadapan anda menyerupai melayani pelanggan, mengurusi karyawan, mengecek data keuangan, sanggup saja justru kiprah - kiprah tersebut malah tidak terselesaikan dengan baik.  


Otak tidak sanggup melaksanakan pekerjaan secara multitasking, yaitu melaksanakan beberapa pekerjaan sekaligus. Bila dipaksakan, pekerjaan tersebut akan tidak maksimal. Anda akan menciptakan banyak kesalahan, tidak teliti, dan sering melewatkan banyak hal. Lakukanlah tips-tips berikut ini semoga otak tetap fokus:

1. Lakukan terlebih dahulu pekerjaan yang membutuhkan kreativitas 

Biasanya, Anda melaksanakan pekerjaan yang gampang dan tidak membutuhkan daya pikir terlebih dahulu. Ubahlah kebiasaan tersebut, alasannya yakni hal ini menyebabkan energi cepat habis dan Anda sudah terlalu lelah untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih penting. Sejam saja otak Anda bekerja, sudah menghabiskan sangat banyak energi dibandingkan semula.
Pada dasarnya, semua pekerjaan membutuhkan energi. Karena itu, biasakan untuk memprioritaskan pekerjaan yang butuh kreativitas di pagi hari, dikala Anda masih fresh. Barulah Anda melanjutkan dengan yang lebih mudah.

2. Temukan Waktu Prima Anda (Prime Time)

Prime time yakni waktu dimana otak Anda bekerja lebih cemerlang dan lebih maksimal dari biasanya. Setiap orang memiliki prime time yang berbeda-beda. Inilah asal muasal orang dengan tipe early bird dan tipenocturnal.

Orang-orang yang memiliki tipe early bird biasanya lebih suka bekerja di pagi hari, bahagia berdiri pagi-pagi dan mengerjakan sesuatu selagi masih pagi. Jika Anda merasa prime time Anda yakni di pagi hari, kerjakanlah tugas-tugas penting yang membutuhkan banyak pikiran pada dikala itu. Sebaliknya, orang dengan tipe nocturnal memiliki prime time di malam hari.
Selain itu, lingkungan juga memiliki faktor yang menciptakan Anda bekerja lebih baik. 90% orang merasa memiliki pikiran yang segar ketika berada di luar kantor. Anda mungkin nyaman bekerja di luar ruangan atau bekerja sambil mendengarkan musik.

3. Melatih otak Anda setiap harinya

Saat multitasking menjadi “wajar” Anda menjadi “terbiasa” hidup dengan gangguan yang sanggup mengalihkan perhatian. Otak kita sangat gampang menyesuaikan diri dengan kondisi ini. Kehilangan fokus pun menjelma kebiasaan.
Latihlah fokus Anda dengan mematikan seluruh gangguan (seperti mengakses akun social media  Anda.) Anda sanggup memulainya dengan 5 menit sehari dan perlahan-lahan Anda akan terbiasa untuk fokus sepanjang prime-time Anda.

Subscribe to receive free email updates:

ADS