ADS

Bikin Android Sendiri, Oneplus Siap Tinggalkan Cyanogen

Selain ditawarkan dengan harga terbilang terjangkau Bikin Android Sendiri, OnePlus Siap Tinggalkan Cyanogen

Selain ditawarkan dengan harga terbilang terjangkau, daya tarik ponsel OnePlus One terletak pada OS Android-nya yang digarap Cyanogen. Namun kekerabatan OnePlus dan Cyanogen tampaknya tak akan usang lagi, lantaran OnePlus telah merilis OS buatan sendiri.

OnePlus menamai OS bikinannya yang juga berbasis Android itu dengan sebutan Oxygen OS. Bahkan OnePlus disebut-sebut hingga menggaet para 'Selebritis Android' untuk berbagi OS yang akan segera terbenam di OnePlus One itu.

“Karena kami memerlukan orang-orang tidak hanya mempunyai kemampuan teknis yang hebat, tetapi juga perspektif yang unik dan wawasan wacana bagaimana meningkatkan pengalaman pengguna lewat OS kami,” tulis petinggi OnePlus Carl Pei di blog OnePlus.

Selain itu OnePlus mengaku dengan mempunyai OS sendiri juga jadi lebih memudahkan untuk melaksanakan lokalisasi, contohnya menyodorkan penggunaan bahasa lokal untuk negara yang disambanginya.

Update OS juga jadi lebih cepat diberikan ke pengguna. Ditambah lagi masukan dari pengguna yang bisa pribadi dihukum lantaran OS yang sudah ditangani sendiri oleh OnePlus.

Namun Oxygen OS dikala ini masih dalam tahap awal, sehingga tampaknya masih cukup usang sebelum benar-benar masuk ke ponsel OnePlus One. Pun begitu perusahaan yang isinya dipenuhi oleh mantan-mantan karyawan OPPO ini menyampaikan Oxygen OS berbeda dengan kebanyakan OS berbasis Android lainnya.

Selain ditawarkan dengan harga terbilang terjangkau Bikin Android Sendiri, OnePlus Siap Tinggalkan Cyanogen

Meski sama-sama dikembangkan dari Android Open Source Project (AOSP), kustomisasi di Oxygen OS disebut lebih ekstensif. Berkat itu Oxygen OS yang berbasis Android Lollipop pun diklaim lebih cepat, stabil, dan enteng.

Sebenarnya bila dilihat ke belakang, pengembangan Oxygen OS disebut bermula dari kasus yang terjadi di India. Di negeri artis Bollywood itu OnePlus One tidak boleh beredar lantaran memakai CyanogeMod, Seperti NusamaniaTEKNO kutip dari The Register, Jumat (13/2/2015)  

Alasannya lantaran salah satu produsen ponsel India Micromax telah lebih dulu menjalin kolaborasi dengan CyanogenMod. Oleh alasannya itu Oxygen OS pun digarap, OS ini awalnya memang dibentuk khusus untuk pengguna OnePlus di India. Tapi siapa sangka bila alhasil OnePlus benar-benar akan menyingkirkan Cyanogen dari ponsel OnePlus one.




Subscribe to receive free email updates:

ADS