ADS

Lutz Pathfinder Pod, Kendaraan Beroda Empat Tanpa Supir Pertama Di Inggris

Mobil tanpa sopir dengan bentuk pod berjulukan  Lutz Pathfinder Pod, Mobil Tanpa Supir Pertama di Inggris

Mobil tanpa sopir dengan bentuk pod berjulukan Lutz Pathfinder merupakan proyek hasil agenda proteksi pendanaan yang diberikan pemerintah Inggris. Mobile ini buat oleh Transport System Catapult dan RDM Group, Kendaraan ini juga telah dinobatkan sebagai kendaraan beroda empat listrik tanpa supir pertama yang lahir dari Inggris.

Memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan kendaraan beroda empat tanpa supir rancangan Google, Lutz Pod mempunyai disain yang sedikit futuristis, bahkan saya melihatnya kendaraan beroda empat ini lebih ibarat sebuah robot — sebab memang sejatinya kendaraan beroda empat tanpa supir merupakan sebuah robot yang melaju di jalan raya — dengan ukurannya yang sedikit mungil dibandingkan dengan kendaraan beroda empat biasa pada umumnya.

BACA JUGA: Google Bersiap Luncurkan Layanan Taksi  

Kendaraan ini hanya sanggup ditumpangi oleh dua orang pengendara saja, kemampuan daya jelajah Lutz Pod juga masih terbilang pendek. Pengguna hanya bisa memakai kendaraan ini sejauh 40 mil atau sekitar 64km dalam sekali pengisian baterai dengan kecepatan maksimal 15mph atau 24km/h.

Mobil tanpa sopir dengan bentuk pod berjulukan  Lutz Pathfinder Pod, Mobil Tanpa Supir Pertama di Inggris


LUTZ telah dilengkapi dua buah kamera kembar dengan sensor LIDAR yang terpasang di kepingan depan dan belakang kendaraan (hanya satu sensor LIDAR di belakang).

Sensor LIDAR (atau merupakan abreviasi dari Light Detection and Ranging) yakni sebuah teknologi pendeteksi jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau isu lain dari sasaran yang jauh. Metode untuk memilih jarak menuju obyek atau permukaan dari sebuah objek dilakukan dengan memakai sinar laser.

Mobil tanpa sopir dengan bentuk pod berjulukan  Lutz Pathfinder Pod, Mobil Tanpa Supir Pertama di Inggris

Prototype kendaraan ini telah dipamerkan di London, namun pengembangan kendaraan yang dibiayai oleh pemerintah Inggris itu masih terus dilakukan sampai bulan Juni mendatang, sebelum pengembang melaksanakan ujicoba pada simpulan tahun ini di Milton Keynes, Inggris. 

LIHAT JUGA: Apple Kembangkan Mobil Listrik 

Sambil menunggu pengembangan kendaraan beroda empat tanpa awak, pemerintah Inggris juga menggodok regulasi gres sehubungan kehadiran kendaraan beroda empat tanpa supir ini semoga sanggup diimplementasikan pada tahun 2017 mendatang.


Penggunaan kendaraan beroda empat tanpa awak di area publik, tampaknya ini yakni sebuah harapan akan kota yang menyediakan transportasi jarak bersahabat bagi warga yang membutuhkan. Sangat menarik, mari kita ikuti terus perkembangannya.




Subscribe to receive free email updates:

ADS