ADS

Inilah Cara Kerja Matik Cvt Di Mitsubishi Mirage


Transmisi otomatis atau matik CVT (Continuously Variable Transmission) tersedia di semua tipe kecuali GLX. Lalu bagaimana cara kerja matik CVT di Mirage ini?

SUV and MPV Support Section Service Departement PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Firdian Nurhidayat menjelaskan, pada tuas transmisi di Mirage matik ini ketika kendaraan beroda empat berjalan berada di posisi D (Drive) dan ada posisi B (Brake).

Menurutnya, cara kerja dari posisi D ke B itu untuk engine break atau dapat dipakai pada dikala jalanan yang menanjak atau menurun. Kenapa? Karena istirahnya turun 1 level dari posisi D.

"Ketika diposisi D pindahkan eksklusif saja ke B, itu otomatis levelnya akan turun 1. Selama di posisi B akan menyerupai itu. Setelah jalanan normal lagi gres dapat eksklusif dipindahkan ke D lagi," beber Firdian di Rest Area Km 97 Tol Cipularang, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015), menyerupai dikutip dari laman detik.

Ia juga menjelaskan prosedur engine break dari posisi D ke B itu menyerupai apa. Menurutnya, ketika dipindahkan dari D ke B, ECU (Electronic Control Unit/otaknya mobil) akan memperlihatkan perintah, sehingga terjadi menyerupai engine brake.

"Kalau di CVT itu namanya ada liquid di dalamnya, mekanismenya itu ada valve (katup) yang bekerja. Misalnya ada perintah dari ECU, katup akan menutup sehingga RPM-nya tidak dapat menyentuh limit sekian sehingga adanya tekanan menyerupai engine brake," bebernya.






Subscribe to receive free email updates:

ADS