ADS

Lion Game, Lie Detection Game Karya Mahasiswa Unpad


Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung membuat permainan kartu pendeteksi kebohongan. Kartu yang diberi nama Lion Game itu dibentuk untuk melatih kepekaan seseorang.

"Kartu permainan Lion Game untuk melatih kepekaan terhadap hal-hal berbau kebohongan yang ditemui, baik di dunia keprofesian maupun kegiatan sehari-hari," kata salah satu pencipta Lion game yang juga mahasiswa Psikologi Unpad, Barri Pratama (20), di Sumedang, Rabu (21/1/2015), menyerupai dikutip dari laman Kompas.

"kebohongan akan terdeteksi ketika memainkan kartu Lie Detection Game (Lion Game). Kartu Lion Game, akan sanggup melatih kepekaan seseorang untuk mendeteksi kebohongan dengan membuat sebuah kondisi seseorang untuk melihat dan mengidentifikasi perilaku-perilaku kebohongan." kata Barri

Permainan ini dibentuk dan diubahsuaikan dengan literatur studi ilmu komunikasi psikologi dalam komunikasi non-verbal. Dengan membuat kondisi permainan yang interaktif, akan timbul banyak tindakan pemain permainan ini.

"Kebohongan akan timbul ketika gesture atau bahasa tubuh pemain keluar dengan tidak sadar, dengan didorong pemain untuk berbohong dan membuat pemain lain perlu memprediksi apakah pemain lain berbohong atau tidak untuk memenangkan permainan," tambahnya.

Ketika seseorang berbohong, akan terjadi ketidaksesuaian dari perkataan, suara, dan gerak-gerik tubuh orang tersebut. Terjadinya ketidaksesuaian sikap tersebut sulit untuk dikendalikan secara sadar atau bahkan kebanyakan terjadi secara tak sadar.

Perilaku tersebut akan semakin terang terlihat ketika seseorang tertekan atau tegang. "Jadi, dengan mengamati keempat bentuk sikap di atas, sanggup diprediksi apakah seseorang sedang berbohong atau tidak," katanya.

Permainan yang hanya sanggup dimainkan sedikitnya dua pemain ini lolos dalam seleksi Pekan Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) se-Indonesia pada tahun ini.

Bentuk Lion Game dibentuk menyerupai permainan kartu pada umumnya. Bedanya, permainan itu terdiri dari 36 lembar kartu, yang memiliki enam angka dan enam lambang pancaindera, ialah hidung, mulut, alis, bahu, mata, dan tangan.






Subscribe to receive free email updates:

ADS