ADS

Disuntik Rp 7 Triliun, Meizu Siap Bersaing Dengan Xiaomi Dan Samsung


Alibaba Group dikabarkan telah membeli saham minoritas pembuat smartphone Android Meizu senilai 590 juta dollar atau sekitar Rp 7,4 triliun! Langkah bisnis raksasa belanja online Tiongkok tersebut merupakan perwujudan niatnya untuk memperkuat eksistensi dalam bisnis smartphone.

Melalui pembelian saham minoritas tersebut, raja e-commerce Negeri Tirai Bambu jadi sanggup menyuntikan sistem operasi buatannya ke smartphone Meizu. Hal ini akan mempunyai kegunaan bagi Alibaba untuk menembus pasar smartphone Tiongkok yang dikuasai oleh pemain lokal, menyerupai Huawei dan Xiaomi serta raksasa global, menyerupai Apple dan Samsung.

Sebagai gantinya, Meizu memperoleh jalan masuk terhadap kanal penjualan Alibaba serta banyak sekali sumber daya lainnya. Demikian dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, pada tahun kemudian Alibaba telah menciptakan komitmen kerjasama dengan Meizu. Kesepakatan itu yaitu soal pembuatan smartphone yang mengadopsi sistem operasi YunOS buatan Alibaba.

YunOS yang dibentuk Alibaba bertujuan menggiring penggunanya menuju ke situs belanja online itu. Namun giringan mereka belum sukses. Terutama dengan adanya dominasi dari Google Android dalam persaingan bisnis smartphone.

Meizu sendiri telah berhasil mendorong jumlah pengapalan produknya. Mulai dari ukuran ribuan unit pada tahun lalu, sampai mencapai dua juta unit pada tiga bulan terakhir 2014. Namun, smartphone Meizu belum sanggup bersaing dengan Xiaomi, Lenovo, dan Samsung.




Subscribe to receive free email updates:

ADS