ADS

Bagaimana Biar Olahraga Lari Terasa Mudah?


Berlari mungkin terlihat sederhana, yang harus kita lakukan hanyalah menempatkan satu kaki di depan kaki yang lain. Tapi bagaimana kita sanggup menciptakan latihan terasa lebih mudah? Brian Beckstead, salah seorang pendiri sepatu barefoot Altra Running dan seorang ultrarunner, memperlihatkan beberapa saran wacana cara meningkatkan performa dikala berlari.


Menyeimbangkan Tubuh sedikit ke depan 
Condongkan badan sedikit saja ke depan dari titik pergelangan kaki sanggup membantu badan tetap di posisi yang tepat. “Konsentrasi untuk mengambil nafas yang dalam, luruskan garis punggung, pundak tegap, dada condong ke depan, dan pusatkan gerakan dari pergelangan kaki,” ujar Brian. Hal ini memungkinkan kita untuk membuka paru-paru, menyelaraskan punggung semoga tegak, dan akan membangun fondasi yang cantik untuk berlari.


Santaikan lengan
“Jangan buat lengan bekerja terlalu keras dikala berlari,” ujar Brian. Jaga posisi lengan di sisi tubuh, jangan bergerak menyilang di dada. “Jika lengan berada di depan tubuh, apa yang akan terjadi pada keseimbangan postur tubuh? Tubuh akan condong ke belakang, dan ini bukanlah postur yang mendukung performa lari.”

Mendarat dengan midfoot 
mendarat dengan tumit (heelstrike) Sterus-menerus sanggup menjadikan nyeri punggung bab bawah dan masalah-masalah kesehatan lainnya. Brian menyarankan untuk menjaga lutut sedikit menekuk dan  mendarat dengan telapak kaki bab tengah (midfoot) atau depan (forefoot). “Gunakan lutut untuk menyerap guncangan,” ujarnya.

Jaga Cadence 
“Cadence, atau siklus langkah, bekerjasama dekat dengan gerakan lengan,” papar Brian. “Jika kita menggerakan lengan secara berlebihan, siklus langkah kita akan memanjang dan luas (overstride). Dan, bila kita melaksanakan overstride, kita cenderung mendarat dengan heelstrike. Cobalah untuk melangkah secara ringan, bukan seolah-olah kita meloncat jauh. “Tujuannya yakni semoga langkah kita bersifat ringan, pendek, dan cepat,” tambahnya.



Subscribe to receive free email updates:

ADS