ADS

Mendeteksi Kerusakan Kendaraan Beroda Empat Dengan Indra Penciuman


Anda sanggup mengetahui bahwa kendaraan beroda empat Anda rusak hanya dengan mencicipi adanya menerangkan tak bagus, menyerupai kendaraan beroda empat yang tersendat-sendat atau kendaraan beroda empat yang bergetar. Namun, selain mencicipi secara eksklusif kondisi mobil, Anda juga sanggup mengetahui adanya kerusakan pada kendaraan beroda empat dengan indra penciuman, yakni saat hidung Anda mencium wangi tidak sedap dari kendaraan beroda empat Anda.

Mobil yang gres saja keluar dari pabrik niscaya mempunyai wangi khas yang mengatakan bahwa kendaraan beroda empat itu masih fresh. Namun, selain wangi tersebut, ada juga bau-bau tak sedap yang dihentikan Anda abaikan.

Dengan mengidentifikasi bau-bau tersebut, Anda sanggup mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada kendaraan beroda empat Anda dan mengeluarkan uang lebih banyak. Apa sajakah wangi tersebut yang mengindikasikan adanya problem pada kendaraan beroda empat Anda? Inilah jawabannya.


1. Bau Karet Terbakar

Jika Anda mencium wangi menyerupai karet terbakar atau hangus, berarti ada problem pada drive belt kendaraan beroda empat Anda. Ada dua kemungkinan yang sanggup terjadi. Pertama yaitu drive belt Anda bergeser atau tidak pas posisinya. Kedua, ada selang yang lepas sehingga bergesekan dengan komponen bergerak lainnya. Ketika akan memperbaiki, berhati-hatilah dengan mesin yang masih dalam keadaan panas.


2. Bau Bensin

Ini mungkin merupakan wangi yang cukup familiar bagi hidung setiap orang. Bau bensin sudah niscaya menandakan adanya bensin yang bocor atau tumpah. Pada mobil, bensin bocor sanggup terjadi pada tangki bensin atau penggalan injeksi bensin. Adanya wangi bensin sanggup menjadi penyebab kebakaran, sebab itu harus segera ditangani.


3. Bau Oli Panas

Jika Anda mencium ada wangi oli panas, berarti oli mesin bocor atau merembes ke sistem pembuangan mobil. Untuk memastikan benar atau tidaknya ada oli bocor, Anda cukup melihat apakah ada bekas oli menetes di kolong kendaraan beroda empat atau dengan cara melihat ada asap yang keluar dari penggalan mesin atau tidak. Matikan mesin terlebih dahulu sebelum mengeceknya.


4. Bau Karpet Terbakar

Bau karpet terbakar mengindikasikan adanya problem pada rem kendaraan beroda empat Anda. Jika Anda mencium adanya wangi karpet terbakar, segeralah berhenti dan periksa rem mobil. Bau karpet terbakar biasanya terjadi saat kendaraan beroda empat sedang digunakan.


5. Bau Telur Busuk

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa wangi telur busuk sanggup muncul dari dalam kendaraan beroda empat Anda. Jika memang ternyata Anda mencium wangi telur busuk, tak perlu repot-repot mencari keberadaan telur busuk yang mungkin tertinggal di bagasi atau di kolong dingklik mobil. Bau telur busuk akan muncul apabila catalytic converter Anda bermasalah, yakni tidak mengonversi hidrogen sulfide di sistem pembuangan menjadi sulfurdioksida. Bau telur busuk juga sanggup menandakan mesin kendaraan beroda empat yang bermasalah sehingga catalytic converter kelebihan beban yang karenanya rusak sama sekali.


6. Bau Seperti Sirup (manis)

Bau sirop (manis-Red) sanggup menjadi penanda bahwa cairan pendingin di radiator bocor dari komponen yang terkait dengan sistem pendingin mobil. Namun, berhati-hatilah saat akan memeriksanya. Jangan pernah membuka tutup radiator saat masih dalam keadaan panas.






Subscribe to receive free email updates:

ADS