ADS

4 Aplikasi Bahasa Daerah


Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai keragaman dalam berbahasa. Hampir setiap pulau mempunyai bahasa yang berbeda dan kini, Warisan budaya leluhur ini setidaknya bisa diabadikan dalam sebuah teknologi yang berupa aplikasi-aplikasi untuk smartphone.

Inilah beberapa aplikasi yang bisa bangkitkan rasa nasionalisme kita:


1. Bahasa Sunda


Aplikasi kamus Bahasa Sunda ini yang berasal dari pengembang Indonesia, GITS Indonesia. Selain membuat kamus Bahasa Sunda, GITS Indonesia juga telah membuat kamus Bahasa Indonesia – Inggris yang diberi nama Bahasa Dictionary. Aplikasi kamus Bahasa Sunda ini bisa pribadi diunduh melalui Google Play Store, dengan rating yang cukup anggun 3,9, aplikasi ini bisa menyedot perhatian sepuluh ribu lebih pengguna Android, ditambah lagi aplikasi ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, hanya 63 kilobytes. Dengan aplikasi kamus Bahasa Sunda ini, Anda akan dengan gampang menerjemahkan kata dalam Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.







2. Hanacaraka


Pemerintah Daerah spesial Yogyakarta (DIY) telah meluncurkan sebuah Aplikasi Android berupa Belajar Baca Tulis dan Game Aksara Jawa Berbasis Mobile Lintas Platform untuk memperingati Hari Guru. di dalam aplikasi Hanacarakan ini terdapat kurang lebih 250 bahasa lokal di Indonesia termasuk diantaranya ialah Bahasa Jawa. Dengan aplikasi ini diperlukan Aksara Jawa selalu di ingat masyarakat dan menghindari biar tidak gampang punah.




3. Kamus Bahasa Sulsel



Buat yang ingin menguasai bahasa Makassar, kami mempunyai tumpuan aplikasi ‘Kamus Bahasa Sulsel’.  Aplikasi ini bentuknya menyerupai kamus yang siap memandu Anda berguru bahasa makassar. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa bahasa menyerupai  bahasa bugis, bahasa duri dan bahasa konjo. Untuk ukuran filenya Cuma 533Kb.





4. Bahasa Batak


Buat Anda yang ingin berguru bahasa Batak, Anda bisa memakai aplikasi buatan Taringan ini. Aplikasi ini bisa dipergunakan dalam kondisi Offline sehingga tidak perlu memakai koneksi internet dikala menggunakannya. Kapasitasnya juga sangat ringan cuma ukuran 1,5MB. Aplikasi ini sudah mempunyai 30 ribu lebih kata bahasa Batak dan bahasa Indonesia.






Subscribe to receive free email updates:

ADS