ADS

Bureau 121, Pasukan Elite Cyber Korut


Korea Utara dikenal dengan pemerintahan tangan besinya, Di negara Komunis ini, peretas militer memang tergolong orang yang paling dihargai kemampuannya. Meski termasuk negara yang terisolasi, ternyata Korut memiliki pasukan cyber sangat terlatih yang tergabung dalam sebuah divisi berjulukan Bureau 121.  

Bureau 121 yaitu bab dari General Bureau of Reconnaissance, distributor intelijen milik militer Korea Utara. Divisi ini digawangi oleh sejumlah orang-orang pilihan dengan kemampuan di atas rata-rata. Mereka dipilih secara hati-hati dan dilatih semenjak berusia dini. Biro ini diperkuat sekitar 1.800 pasukan cyber, yang semuanya dianggap sebagai pasukan elit.


Hal tersebut dikatakan oleh Jang Se-Yul, seorang warga negara Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan. Seperti yang dilansir Reuters, Sabtu (6/12/2014), Jang sempat menimba ilmu komputer di universitas militer Korea Utara, sebelum balasannya melarikan diri ke Korea Selatan enam tahun yang lalu.

Sejumlah jago keamanan internet memang tak mewaspadai kemampuan perang cyber Korea Utara. Menurut mereka, peretas asal negara tersebut biasanya mengincar negara tetangganya Korea Selatan, Namun tak jarang mereka juga menyerang Amerika Serikat



Subscribe to receive free email updates:

ADS