ADS

Cheetah, Robot Tergesit Buatan Mit


Sebuah video beredar dan memperlihatkan robot dengan tampilan lilitan kabel dan sirkuit yang tampak berantakan. Namun, mempunyai empat kaki gesit yang membuatnya sanggup bergerak dengan halus, tak menyerupai robot lain pada umumnya.

Para teknisi Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge memperlihatkan sebuah robot yang dinamai cheetah. Robot berkaki empat itu sanggup berlari lebih dari 10 mil per jam, lompat 16 inchi dan sanggup berpacu selama 15 menit. Namun hebatnya, konsumsi listrik binatang dengan sumber tanaga batere itu lebih rendah dari micowave.

The Independent melansir, robot itu mempunyai bobot sekitar 35 kilogram. Yaitu, berat yang hampir sama dengan cheetah betina. Robot dilengkapi dengan motor ringan namun bertenaga. Disematkan pula algoritma yang sanggup memilih tenaga yang diharapkan di tiap kaki ketika berlari.

Perhitungan itu yang membantu robot untuk menjaga keseimbangan dan momentumnya ketika bergerak.

"Ini menyerupai Ferrari di dunia robotik. Kami harus memakai semua peralatan yang mahal dan membuatnya mempunyai naluri seekor cheetah... Hanya itu caranya untuk mendapat kecepatan," ujar profesor MIT, Sangbae Kim kepada AP. "Dalam waktu 10 tahun ke depan, tujuan kami yakni menciptakan robot itu menjadi penyelamat kehidupan," tambah Kim.

Dia berharap, robot itu akan sanggup berkhasiat untuk melaksanakan pencarian dan upaya evakuasi di kawasan yang berbahaya. Sehingga, mengurangi risiko simpulan hidup manusia. 

Proyek robotik itu dibiayai oleh Departemen Pertahanan di bawah Agensi Proyek Penelitian Pertahanan Canggih. Lembaga ini juga memperlihatkan pendanaan untuk robot serupa yang dikembangkan oleh Bosto Dynamics.

Penasaran Secanggih apa robot cheetah tersebut? saksikan video berikut ini!




Subscribe to receive free email updates:

ADS