ADS

Katniss Dan Salam Tiga Jari


Katniss Everdeen, Prim (adiknya), Finnick Odair serta Gale Hawthorne merasa berat untuk beradaptasi dengan kehidupan yang sangat kaku di Distrik 13. Tempat tersebut menjadi markas ujung tombak pemberontakan di Panem. 

Katniss oke untuk berperan menjadi “The Mockingjay” - simbol pemberontakan- tapi hanya dengan syarat Presiden Distrik 13 Alma Coin berjanji untuk menunjukkan kekebalan kepada semua penerima Hunger Games di masa lalu, termasuk Peeta Mellark, Annie Cresta (kekasih Finnick), serta supaya mereka diizinkan secara eksklusif untuk membunuh Presiden Panem, Snow kalau para pemberontak berhasil menangkapnya. 

Kemudia Katniss ditugaskan untuk membintangi film propaganda yang disebut Propos. Katniss merasa tidak bahagia alasannya ialah tidak terlibat dalam pertempuran yang sebenarnya.

Sementara itu, Peeta ditahan oleh Capitol dan dipaksa untuk menjelek-jelekan Katniss dan para pemberontak di program televisi. Namun, di suatu siaran, Peeta malah memaparkan rencana kejutan Capitol yang akan mengebom Distrik 13. Pihak Capitol “membajak” pikiran Peeta dengan cara ditanami tracker jacker beracun sehingga Peeta menjadi sangat membenci dan paranoid terhadap Katniss. (Baca juga: Sinopsis Lengkap The Giver (2014), Petualangan Jonas Mengembalikan Memori Masyarakat)

Segera sehabis itu, Distrik 13 sukses melaksanakan upaya evakuasi terhadap para penerima Hunger Games, termasuk Peeta dan Annie. Tapi Peeta berusaha membunuh Katniss dikala mereka bertemu kembali. Peeta tetap dalam kondisi hilang ingatan dan cenderung menjadi tidak ramah terhadap Katniss.  

Distrik 13 merayakan komitmen nikah Finnick dan Annie. Gale mengajukan seni administrasi kontroversial untuk membom Distrik 2 dan menyalahkan Capitol. Mereka menyiapkan kampanye final melawan Capitol. Katniss dan tim Propo dikerahkan untuk melaksanakan kiprah sepela ke Capitol dengan Peeta ikut di dalamnya. Presiden Coin bermaksud mengantisipasi keberadaan Katniss yang diharapkan lagi kalau perang sudah berakhir. Coin yang tidak percaya terhadap Katniss berharap Katniss dibunuh oleh Peeta yang kondisinya tidak stabil. Komandan tim, Boggs terbunuh. Katniss mengambil alih dan meyakinkan yang lain bahwa mereka sedang berada di sebuah misi diam-diam untuk membunuh Presiden Snow. Sementara itu, terjadi perang kota yang masif yang melibatkan permainan Hunger Games, menyerupai monster dan perangkap-perangkap. Banyak rekan Katniss yang tewas, termasuk Finnick. Katniss masuk sendiri menuju rumah Presiden Snow yang dikelilingi oleh belum dewasa pengungsi Capitol yang dipakai sebagai tameng untuk melindungi Snow. Saat Katniss mencapai rumah, sebuah parasut turun ke arah belum dewasa dan meledak. Para petugas medis dari pasukan pemberontak berusaha membantu belum dewasa yang terluka, namun parasut lanjut meledak lagi, menewaskan Prim dan menciptakan Katniss menjadi sangat murka.

Selama masa penyembuhan, Katniss menjadi sangat stres atas maut adik perempuannya. Para pemberontakan telah memenangkan perang, dan Katniss bersiap untuk membunuh Presiden Snow dalam suatu eksekusi. Snow yang menunggu sanksi memberitahu bahwa Coin lah yang mengatur maut Prim. Ia mengingatkan Katniss bahwa mereka mempunyai janji di masa kemudian untuk tidak saling berbohong satu sama lain. Snow meyakinkan Katniss bahwa serangan bom udara itu tidak mempunyai tujuan untuk menyelamatkan dirinya. Tiba-tiba Katniss menyadari dengan ngeri bahwa serangan pesawat pemboman (parasut) menyerupai dengan seni administrasi pemboman Distrik 2 yang diajukan oleh Gale.

Saat Katniss mempertanyakan hal ini kepada Gale dan kemungkinan keterlibatannya, Gale hanya menunjukkan ketidakpastian. Katniss menjadi semakin curiga bahwa ada konspirasi di belakangnya.
Presiden Coin mengusulkan sebuah inspirasi kepada sebagian penerima Hunger Games yang masih hidup, termasuk Katniss, untuk mendukung usulannya menghukum Capitol dengan cara menyerupai Capitol menghukum Distrik. Yakni mengadakan Hunger Games untuk belum dewasa pemimpin Capitol. Sebelum Coin mengatur program ini, tibalah hari sanksi Snow dimana Katniss diberi hak untuk menjalan eksekusi. Saat bersiap melakukannya, Snow berkedip dan tesenyum, Katniss menciptakan keputusan sendiri dengan mengangkat busur dan menembak Presiden Coin sampai tewas. Katniss segera berusaha bunuh diri, namun Peeta menghentikannya. Situasi menjadi ricuh dan Katniss ditangkap. Apa yang terjadi kemudian..??



Subscribe to receive free email updates:

ADS