ADS

Memantau Situasi Indonesia Dari Sebuah Ruangan

Dari ruangan situation Room di Bina Graha Kompleks Istana Kepresidanan, Jl Veteran, Jakarta Pusat semua situasi yang terjadi di Indonesia sanggup terpantau real time.

seperti dilansir detik.com pada Jumat (21/11/2014), Situation Room ini terletak di sebelah kiri pintu masuk ruangan Bina Graha di lantai dasar. Saat masuk ruangan, pertama kali yang terlihat yaitu meja setengah bulat dengan bangku yang menghadap 3 televisi layar datar di bab depan.


Di ruangan ini, JK sempat melaksanakan telekonferensi dengan sejumlah kepala daerah, menyerupai Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Bojonegoro Suyoto, pejabat Kemenhub dan BMKG.

Setelah itu, JK kembali memantau ruangan lain. Ruangan ini sama dengan Situation Room, hanya saja lebih luas. Banyak televisi superbesar dan di bab terlihat big screen, 2 Infocus dan 3 televisi layar datar. Di bab tengah ada tempat duduk letter U untuk memantau situasi dari layar televisi.

image: detik

Di ruangan ini JK melihat CCTV Bandara. JK juga diperlihatkan tampilan Google Earth EC. Operator yang bertugas di sana menjelaskan, dari ruangan ini situasi yang terjadi di Indonesia mulai dari laporan Kepolisian, titik api, cuaca dan kondisi suhu sanggup terpantau secara langsung. Di sini Presiden sanggup juga memantau perkembangan pembangunan dan kemajuan proyek-proyek yang berjalan.

image: detik

Situation Room ini diperkenalkan pada 2010, Di ruangan seluas 100 meter persegi ini terdapat ruangan yang sanggup dipakai rapat oleh Presiden bersama sekitar 12 menteri.


Subscribe to receive free email updates:

ADS