ADS

Kopi Sanger, Nuansa Cappucino Khas Aceh

Tidak kalah dengan Italia dalam hal kopi Kopi Sanger, Nuansa Cappucino Khas Aceh

Tidak kalah dengan Italia dalam hal kopi, Indonesia pun punya kopi nan legit. Di Aceh ada kopi nikmat ala capuccino berjulukan Kopi Sanger yang harus Anda cicipi saat bertandang ke Negeri Serambi Mekkah ini! 

Jika Anda pernah bertandang ke Aceh, pastinya Anda tahu perihal kopi khas sana. Tapi bagaimana dengan salah satu sajian yang diolah dari kopi menjadi nama yang sering-sering disebut dengan sanger, pernah kah Anda mendengar atau mencicipinya?

Aceh yang identik dengan sebutan fenomenal 'Kota 1001 Warkop' memang usang telah menempel selain juga istilah itu ada di Belitung. Tak hanya mendapat sebutan fenomenal, penemuan gres warung kopi di Aceh juga menghasilkan citarasa kopi yang sungguh sangat khas, yang dikenal dengan sebutan kopi sanger.

Kopi sanger dibentuk dari adonan kopi hitam baik dari biji robusta atau arabika dan susu kental elok campur gula. Jika dilihat sekilas, Sanger secara umum persis menyerupai kopi susu atau menyerupai adonan capuccino.

Untuk mendapatakan minuman sanger yang mantap, adonan susu dan gulanya betul-betul diadaptasi oleh peraciknya. Sanger menjadi salah satu minuman khas Aceh yang unik dan berbeda dari kopi susu. (Baca: Nikmatnya Kopi Joss)

Kopi sanger yaitu kopi yang hanya sanggup ditemukan di Aceh, alasannya yaitu merupakan minuman khas yang selalu dijaga kekhasannya hingga sekarang. Bahan yang dipakai dalam pembuatan kopi ini tak beda jauh dengan materi untuk menciptakan kopi susu biasa, perbedaannya hanya terletak pada proses pembuatannya saja.

Awalnya kopi diseduh dan disaring memakai saringan yang berbentuk kerucut supaya ampas tidak gampang terbawa ke kopi yang akan disajikan. Kemudian proses pencampuran antara gula dan susu dengan dosis yang seimbang dengan kopi supaya tidak mengakibatkan rasa kepahitan ataupun kemanisan, tapi harus menghasilkan keseimbangan rasa. (Baca: Suatu Sore di Warung Kopi )



Proses pembuatan kopi sanger ini yaitu dengan dikocok hingga terdapat buih yang menunjukan proses penyatuan antara kopi dan susu telah tamat dan disinilah letak kenikmatan kopi sanger tersebut. Terdapat dua pilihan untuk menikmati kopi tersebut, sanggup disajikan secara panas atau disajikan dingin. Bagi Anda yang ingin tau dengan minuman ini juga sanggup berkunjung ke Aceh sembari menikmati liburan. Tertarik?

Subscribe to receive free email updates:

ADS